Powered by Blogger.
RSS

Re: [HRM-Club] HR Preman

 

Sayang memang kalau memanage hotel harus seperti itu "tangan besi"
Seharusnya bisa diarahkan dengan baik mengingat beberapa sdm yang pribumi asli tanpa kenal bagaimana perusahaan2 lain bekerja dan dengan sistem apa (maklum tenaga kerja tinggalan jaman belanda dari tahun 1928), tetapi memang mereka hanya bisa HOW saja tanpa tahu WHY nya. sehingga perkembangan HOtel juga biasa saja. Ditambah dari tahun 50an manajeman juga tidak menambah properti yang ada.
Laku?...iya, terkenal...? iya. Tetapi karena yang dijual itu2 saja. pemasukan atau revenue juga segitu2 saja. Sedangkan labour Cost kan harus mengikuti setiap tahunnya. Sehingga yang dirasa GM baru ini pun sedikit kegerahan dengan labour cost dan revenue yg menurut dia prosentasenya cukup besar.
GM yang ada sejalan dengan Pemilik atau Director...? versi GM sih pasti sejalan, yang namanya apengusaha pasti cari untung terus. Saya juga belum bisa berbicara dengan director mengingat report line saya ke GM.
Kalau cerita dari ketua SP yang ada (bekerja sudah 18th)kondisi yang ada dari beberapa belas tahun silam ataupun beberapa tahun terakhir sih tidak ada tuntutan harus berjuang mati2an mengejar atau menyamakan dengan pesaing2 sekitar.
Yang ada selama puluhan tahun, hubungan tenaga kerja dengan pengusaha sudah seperti keluarga, tenang aman dan tanpa banyak tuntutan dari kedua belah pihak.
.........sebetulnya tenang aman dan tanpa banyak tuntutan kedua belah pihak karena, sdm yang ada sadar akan kemampuannya. sehingga tidak mau pergi dari hotel tsb. sebaliknya HRD dan GM sebelum2nya tidak sanggup memPHK atau mempensiunkan dini.

terima kasih atas sharingnya,
salam dari tempat dingin.

From: M. Abdan Munawir <gm@semestahotel.com>
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 13:39
Subject: Re: [HRM-Club] HR Preman

 
salam hangat tuk pak Ugie,

bukan bermaksud meng-gurui pak Ugie melainkan sekedar sharing saja atas apa yang saya ketahui setelah puluhan tahun di dunia perhotelan.

pertama, selamat bergabung di hotel rimba (maksudnya seperti hotel di tengah hutan rimba gitu). tolong keluarkan strategi dan pendekatan yang baik berhadapan dg GM yang kurang baik (menurut info bapak).

Kedua, sayang sekali kalau memanage hotel dengan cara seperti itu "tangan besi", padahal dalam hospitality industry hubungan baik seluruh karyawan harus kompak dan kondusif. Mungkin tidak terlalu masalah kalau beberapa karyawan (maaf) hanya lulusan SD, yang penting leadernya baik dan bisa memanage. Memangnya kary digaji berapa?

Ketiga, tidak semua kary hotel perlu hitech, tetapi cekatan, tanggap, sopan santun, helpful itu sudah cukup. Tim salesnya sebaiknya kuat. tingkat hunian tinggi dengan sendirinya kesejahteraan karyawan akan terangkat.

Saya khawatir GM model gituan akan terantuk batu di suatu waktu, jadi tugas bapak harus terus mendampingi, perlahan dan pasti dipahamkan betapa tenaga kerja perlu diatur dg baik.  Minimal ikutin yang standar-normatif... pertanyaan tuk bapak apakah tipe GM seperti ini selaras dengan kemauan ownernya?. Kalau 'iya' sayang sekali....

demikian.




Pada 24 Juli 2013 22.48, omsu <ganksonmdk@yahoo.com> menulis:
 
Dear all,
Mah sharing dan curhat yg panjang.

Saya baru saja gabung di sebuah manajemen hotel di daerah puncak/bogor.
Harapan saya setelah saya mengikuti proses seleksi, asessmen dan mengalahkan beberapa kandidat. Saya bangga sekali dan berasusmsi perusahaan yang baru tentunya akan lebih baik dari sebelumnya. Karena sangat baik sekali proses rekrutnya.
Langsung aja nih.....
Sebagai HRM yang saya harus pegang dan jalankan semua aspek HR yang sebenarnya. Saya dihadapkan dengan GM yang maunya apa2 langsung hajar (bila perlu sampai PHK atau di pensiunkan dini. Ga nurut.....hajar. gabisa ngikuti aturan ....hajar.
Dalam 3hari pertama saya bekerja, Hanya ancaman2 dan larangan2 juga cerita bobrok dan unperformnya semua karyawan yang ada lalu dilarangnya saya bersosialisasi dengan beberapa orang yang dianggap tidak sepemikiran dengan GM tsb. Sehingga sudah saking gregetnya GM tersebut ingin menyingkirkan banyak orang. Tetapi menjadi kendala mereka semua orang pribumi yang bekerja turun temurun dari jaman belanda / 1928. Yang dididik susah, di pensiunkan tidak mau. Sedangkan GM tsb baru 2 tahun bekerja.
Saya akui memang sdm yang ada sangat lemah, pendidikan yg ada juga ada yg hanya SD. Tetapi bagaimana caranya itu yang saya kurang sreg.
PKB tidak ada, Policy and Procedure tidak ada. Hitungan ini itu gak sesuai dengan UU yg ada.
Saya sempat pegang PKB tahun 2003, dan GM mengetahui lalu saya menyarankan ini dibuatkan lagi. Lalu GM tersebut malah mengancam saya untuk jangan sekali kali membahas itu dan mengajukan itu. "Samasekali jangan membahas benefit"
Dan kembali lagi beliau mengharap saya bisa seirama dan bersama sama menyingkirkan banyak karyawan yg "ga perform". "Kita harus bisa membuat revenue tiap bulan dan tahunnya semakin naik. Dengan membuang orang2 yg ga penting. Gausah bicara teori dan perencanaan ini itu. Langsung hajar aja".
...... waduh saya jauh2 dari jakarta ke puncak kok malah jadi preman gini yah. Saya tidak ikutin atau tidak bisa ikutin sudah ada ancaman "the door is wide open". Gundah gulana nih saya, bisa dapur ga ngebul....

Salam,
ugie



--
M. Abdan Munawir
General Manager


Semesta Hotel ***
Jl. Wahid Hasyim No. 125 -127, Kranggan Semarang
T. (024) 3576000, F (024) 3576060
www.semestahotel.com


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
-- Pendiri Bpk SUNAWAN - HP. 0817 994 0224 : Jumlah Member 17.000 --
HRM Club memiliki Member diseluruh Indonesia,
dan sebagai Chairman HRM Club adalah Bpk sunawan,
beliau juga adalah President HRM Indonesia
===================================================================

Untuk bertanya, berdiskusi atau komentar di milis silahkan ajukan ke email:
HRM-Club@yahoogroups.com

Utk Join milis ini dan menjadi member silahkan kirim Email ke :
HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com

Utk menghindari inbox penuh kirim email ke:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com

Sering keluar kota, ubah seting ke digest:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com

UNTUK PROGRAM KONSULTASI & INHOUSE:
Untuk Konsultasi & Inhouse training silahkan hubungi HP 0817-994 0224

Program-program HRM:
1. Training:
   Public House - Harga member
   Inhouse - Harga member
2. Konsultasi - Harga Member
3. Recruitment service - Harga Member

LOW PRICE, HIGH QUALITY & EASY TO APPLICATION
HRM CLUB - HRM SCHOOL - HRM INDONESIA

Lihat Web
http://www.hrm-indonesia.com/
SLOGAN : HRM MEMANG BEDA

----
MILIS INI ADALAH MILIS SERIUS DLM SHARING, BUKAN SEKEDAR KONKOW, GUYONAN, KAMI BEDA DGN MILIS LAIN

KAMI AKAN HILANGKAN DISKUSI YANG ISINYA KONKOW, GUYONAN.
KARENA POSITIONING KAMI ADALAH MILIS SERIUS
----

Member Milis: 17.000 orang lebih dan hampir 10.200 orang aktif mengikuti milis, member tersebut terdiri HR Director, HR Manager, Asst. Manager & HR SPv, akademisi & HR Consultant, bahkan CEO Perusahaan sehingga diskusinya berbobot dan bergizi.

Bila anda punya kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, punya jiwa pengabdian & tidak komersial & ingin bergabung dengan Team HRM Club.
silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@yahoo.com
subject: Bergabung dengan tim HRM Club
Sebutkan bidang keahlian anda


Pengelola

Aflaqha Dewi Ilmiarini
Dewi Indrayani

Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email, silahkan kunjungi web:
http://groups.yahoo.com/unbounce
.

__,_._,___

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment