Powered by Blogger.
RSS

Re: [HRM-Club] dibohongi ISO

 

Mohon ijin urung rembuk,

Saya sependapat dengan sdr Trie soal ISO. Di dalam ISO itu ada KPI, dari mana pekerjaan itu harus terukur. Di dalam bisnis hotel misalnya, prosedur check in itu tak boleh lebih dari lima menit, misalnya, maka (calon) tamu yang mendapatkan pelayanan lebih lama akan gusar atau tidak nyaman. Nah, dengan tolok ukur tersebut semua staf yang  terlibat diharapkan melakukan pekerjaan check in harus menuju ke titik tsb sehingga dia harus berlatih, tangkas dan efisien. Siapa yang mengerjakan? tentunya orang dalam bagian itu sendiri. Kalau mereka tidak mau atau tidak ada komitmen dgn itu ya, hasilnya NOL. Nol tsb adalah hasil kita sendiri, bukan karena konsultannya.

Ada yang menyinggung soal sertifikatnya saja yang mau, bukan komitmennya. Tidak seluruhnya betul, karena akan ada audit internal dan eksternal. Bila hasilnya bagus berarti bisa bertahan, bgt juga sebaliknya. Hasil audit negatif atas kesalahan yang major, maka sertifikatnya dapat dicabut shg ISOnya batal. Saya kira begitu banyak perusahaan di republik ini yang mampu mempertahankan kinerjanya shg sertifikatnya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Dan ada satu, dua perusahaan yang gagal karena kinerjanya rendah.
Saya yakin koq bangsa kita atau tenaga kerja kita kalau 'di develop' dengan baik sanggup memperbaiki kinerjanya. Buktinya anak anak SKA kita sanggup memodifikasi motor dan bahkan mobil. Tergantung dari kitanya bagaimana. Jadi, kalimat singkat: Jangan rendahkan bangsa ini.

Salam hormat untuk semuanya,
Muhammad Abdan

Pada 20 Mei 2012 15:54, Ho Luqman <ho_luqman@yahoo.com> menulis:
 

Kunci keberhasilan implementasi ISO bergantung pada komitmen Top Management, apakah mau sungguh2 menjalankan seluruh persyaratan yang ditetapkan atau cuma mau sekedar mendapatkan sertifikat. Umumnya perusahaan di Indonesia hanya mau sertifikat nya saja tanpa ada perubahan pada budaya kerja yang benar, jadi yang dikejar hanya pencitraan nya saja. Kasihan banget yach bangsa kita.

Salam, 
Lukman


Dari: trie lakmawati <trie_lakmawati@yahoo.com>
Kepada: HRM-Club@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 14 Mei 2012 17:53
Judul: Re: [HRM-Club] dibohongi ISO

 
Selamat sore Pak Yoga........

Sistem Manajemen Mutu pada dasarnya memang membuat pekerjaan kita semakin banyak prosesnya ini semua tak lain bertujuan supaya ada kemampuan telusur, pembuktian bahwa PDCA telah dilaksanakan dan komitmen kita sebagai pelaku kerja sehari-hari menjamin apa yang ditulis telah kita implementasi atau kita kerjakan dalam pekerjaan sehari-hari.  Sebenarnya apa yang dibakukan itu adalah pekerjaan kita sehari-hari Pak tentu saja tidak njlimet.
Yang tahu sistem ditempat Bapak adalah orang-orang perusahaan Bapak, yang menjamin sistem itu berjalan adalah orang-orang perusahaan Bapak dan yang menjamin kebijakan serta policy telah dijalankan adalah orang-orang bapak juga.  Jadi kalau dibilang implementasinya NOL brarti apa yang ditulis tidak sama dengan apa yang dikerjakan dong Pak  ( Manual Mutu, Prosedur, Intruksi Kerja ).
Besar kecilnya fee badan registrasi ditentukan dari ruang lingkup perusahaan Bapak, jumlah karyawan dll.


Salam,

Trie



--- On Mon, 5/14/12, M. Abdan Munawir <gm@semestahotel.com> wrote:

From: M. Abdan Munawir <gm@semestahotel.com>
Subject: Re: [HRM-Club] dibohongi ISO
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Date: Monday, May 14, 2012, 2:02 AM

 
Dear sdrku Yogasa,


Bagaimana ceritanya koq dibohongi segala?/

Konsultan kan memberikan pengarahan dan petunjuk untuk pencapaian itu, sedangkan pelaksana kan orang orang dalam perusahaan itu sendiri, kmd hrs ada audit dari ISO, dalam audit tsb apakah anda mencapai skor tertentu sbgmana diwajibkan/diharapkan atau di bawah standar? Hasilnya ? Intinya, sejauh saya tahu soal pelaksana bukan dari dia sebagai konsultan, namanya saja konsultan. Namun demikian keduanya harus jelas di awal bahwa baik konsultan maupun perusahaan sama sama memiliki komitmen perbaikan sebaik apa, dan bagaimana caranya. Diatas semuanya pasti ada deal finansial tho, kalau tdk perform ya cari upaya lain. Saya pernah jadi invitee ISO 9001-2008, tidak terlalu mendalam. terbuka koreksi dari teman yang lain.

Smoga ada manfaatnya.

Abdan M.
Pada 14 Mei 2012 09:42, Yogasa Ifuru <yogasaifuru@yahoo.co.id> menulis:
 
Dear All Member,

Mohon Petunjuk Badan yang menangani langsung Sertivikasi ISO 9001:2008 & ISO 14001- SGS? Tidak jelimet dalam proses, dan hanya berbicara tentang administrasi, karena kita sudah kapok beberapa kali dibohongi oleh badan Consultant tetapi kenyataan nya Nol dalam Implementasi, Dan berapa kira-kira habis Administrasi yang kita keluarkan untuk sertivikasi Dokumen tersebut,Mohon bantuan Rekan-Rekan.
Thanks
 
Yogasaifuru
HRD MGR-AZT
Lippo Cikarang
Desa Cibatu,Cikarang Selatan,BEKASI,
JAKARTA-INDONESIA.
Mail: yogasaifuru@yahoo.co.id or yogasaifuru@gmail.com



--
M. Abdan Munawir
General Manager


Semesta Hotel ***
Jl. Wahid Hasyim No. 125 -127, Kranggan Semarang
T. (024) 3576000, F (024) 3576060
www.semestahotel.com





--
M. Abdan Munawir
General Manager


Semesta Hotel ***
Jl. Wahid Hasyim No. 125 -127, Kranggan Semarang
T. (024) 3576000, F (024) 3576060
www.semestahotel.com

__._,_.___
Recent Activity:
--- Pendiri Bpk SUNAWAN - HP. 0817 994 0224 ---

Untuk bertanya, berdiskusi atau komentar di milis silahkan ajukan ke email:
HRM-Club@yahoogroups.com

Utk Join milis ini maka kirim Email ke :
HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com

Utk menghindari inbox penuh kirim email ke:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com

UNTUK PROGRAM KONSULTASI & INHOUSE:
Untuk Konsultasi & Inhouse training silahkan hubungi HP 0817 994 0224

Program-program HRM:
1. Training:
   Public House - Harga member
   Inhouse - Harga member
2. Konsultasi - Harga Member
3. Recruitment service / search executive - Harga Member

LOW PRICE, HIGH QUALITY & EASY TO APPLICATION
HRM CLUB - HRM SCHOOL - HRM INDONESIA

HUBUNGI BPK SUNAWAN DI 0817 994 0224

Lihat Web
http://www.hrm-indonesia.com/
SLOGAN : HRM MEMANG BEDA

----
MILIS INI ADALAH MILIS SERIUS DLM SHARING, BUKAN SEKEDAR KONKOW, GUYONAN, KAMI BEDA DGN MILIS LAIN

KAMI AKAN HILANGKAN DISKUSI YANG ISINYA KONKOW, GUYONAN.
KARENA POSITIONING KAMI ADALAH MILIS SERIUS
----

Member Milis: 15.000 orang lebih dan hampir 10.000 orang aktif mengikuti milis, member tersebut terdiri HR Director, HR Manager, Asst. Manager & HR SPv, akademisi & HR Consultant, bahkan CEO Perusahaan sehingga diskusinya berbobot dan bergizi.

Saat ini HRM sering diminta untuk membantu membenahi sistem HR & Organsasi sampai bisa diaplikasikan dilapangan. Saat ini kami menangani rata-rata 3-4 perusahaan dalam sebulan untuk praktek pendampingan & konsultasi

Bila anda punya kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, mempunyai jiwa pengabdian & tidak terlalu komersial, & ingin bergabung dengan Team HRM Club.
silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@yahoo.com
subject: Bergabung dengan tim HRM Club
Sebutkan bidang keahlian anda


Pengelola

Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email lagi, silahkan kunjungi web:
http://groups.yahoo.com/unbounce
.

__,_._,___

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment