Powered by Blogger.
RSS

RE: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

Mantap pak Kholik,  terima kasih atas pencerahan leadershipnya…… maju terus pak……

 

Salam,

 

From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of a.kholil@gmail.com
Sent: 30 Juni 2012 6:06
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Selamat pagi Pak Sabar,

Sy juga nambah lagi,
Leadership adalah sifat/sikap/aura yang muncul ketika seseorang menjalankan fungsi jabatan.

Ibaratnya seseorang menduduki sebuah kursi jabatan, dia akan menyatu dengan kursi tersebut. Orang akan melihat semua tindakannya adalah adalah tindakan kursi tersebut, juga orang akan melihat kursi tersebut bisa disegani bisa punya wibawa adalah karena dia.

Pengertian saya, itulah filosofi leadership.

Bobot Leadership seseorang bergantung bagaimana dia bisa menjalankan kursi jabatannya tersebut. Sehingga makmum bisa merasakan terseret dan tunduk pada kebijakan2nya.

Untuk bisa menjalankan kursi jabatannya tersebut tentu saja orang harus faham fungsi dan makna jabatan, makanya skill, pengetahuan, pemahaman, ciri2 ttg kursi jabatan tersebut harus dikuasai.

Tolok ukur kesuksesan leadership seseorang adalah bagaimana bawahan bisa tetap patuh dan tunduk kepada kebijakan kursi jabatannya meskipun pada saat itu dia tidak duduk dikursi itu.

Salam,
A.kholil

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: "Sabar" <sabar@kudus.puragroup.com>

Sender: HRM-Club@yahoogroups.com

Date: Fri, 29 Jun 2012 08:13:36 +0700

To: <HRM-Club@yahoogroups.com>

ReplyTo: HRM-Club@yahoogroups.com

Subject: RE: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Nimbrung lagi ah………

Dari beberapa teman banyak yang mirip dengan pengalaman saya khususnya dalam Japanese Management Style dan saya hanya menambahkan beberapa point sebagai berikut L

1.       Baik seleksi alam maupun seleksi akademis biasanya sudah dilakukan oleh team HRD yaitu membuat listing para calon leader dari tingkat yang paling bawah sampai tingkat menengah ( Manager ) secara  structural dalam magement yang ada

2.       Setiap calon leader diberikan pembekalan sesuai dengan levelnya misalnya supervisor diberikan supervisory training, basic leadership,komunikasi kerja, telaah kerja, tehnik appraisal, dan lain lain biasanya karena pesertanya banyak kita buat internal dengan tambahan pake instruktur dari luar, untuk level calon Manager kita kirim ke lembaga pendidikan di luar, khusus untuk para calon Manager malah training di overseas di Negara principal

3.       Malah ada program yang ekstrim tapi menarik setiap calaon Manager dan para Manager ada program harus datang setiap hari pada jam 7 00 pagi dan diadakan pembekalan pembakalan, hasilnya positif tuh he he he

4.       Setiap hari Sabtu setiap calon dapat pembekalan dari Presiden Diruktur

5.       Setiap calon diharuskan membuat makalah yang berisikan pernasalahan di bagiannya khusus untuk level supervisor diharuskan membuat tulisan tentang falsafah perusahaan dan semuanya  dipresentasikan dalam idang kenaikan jabatan

Proses setiap level berbeda paling lama 2 tahun paling sedikit 6 bulan……….  Hasilnya ya  masih dapat saya nikmati sampai hari ini…. Amin

 

salam.

 

From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of yoi20012001@yahoo.com
Sent: 27 Juni 2012 22:24
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Menurut saya leadership itu tdk bs dibentuk dlm wktsingkat shingga hampir dikatakan leader itu dilahirkan krn by nature mrk memiliki tdk hanya common sense to be a leader .program program leadership bs melahirkan org yg berprilaku sbgai leader namin tdk bnar bnar dpt membemtuk leadership krn internalisasi nilai nilai tsb mrpk long journey.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


From: "dian.koernia" <dian.koernia@danliris.com>

Sender: HRM-Club@yahoogroups.com

Date: Wed, 27 Jun 2012 11:42:02 +0700

To: <HRM-Club@yahoogroups.com>

ReplyTo: HRM-Club@yahoogroups.com

Subject: RE: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Dear p. Kholil,

Saya mencoba share pengalaman saja.

·         Leadership pada dasarnya adalah ILMU dan SENI, bagaimana mengajak / mengarahkan seseorang / kelompok untuk mencapai tujuan yang sama.

 

Ilmu bisa dipelajari, seni-nya harus dengan "rasa".

Di tempat kami ada program "leadership class", yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama, untuk jangka waktu 2 tahun, setiap bulan minimal 1 x kita bertemu, diisi dengan materi (makalah, studi kasus, diskusi, game, dll) juga ada PR untuk next meeting. Dari hasil pertemuan, "peserta" harus menerapkan materi kepada sekitar (anak buah, rekan kerja, atasan, dll).

Tujuan leadership class ini untuk menjaring calon pemimpin di masa depan / kaderisasi. Dari sisi negative, bisa juga sudah ""dididik" susah-susah, eh orangnya keluar (resiko hehe).  Peserta kelas ini "diperlakukan" dengan khusus, karena mereka dibawah pengawasan ketat semua pihak. Penilaian berdasar 360 derajat, dari anak buah, rekan kerja dan atasan. Perlakuan khusus ini meliputi negative (under pressure) dan positif (gaji khusus).

 

Saya pernah mendengar ada istilah, pada masa tertentu akan ada pemimpin tertentu pula. Itu mungkin menjelaskan, pada masanya, p. Harto adalah yang terbaik, tapi ketika jaman berubah, maka p. Harto harus turun. Demikian seterusnya.

Ini juga yang menjelaskan, tidak ada teori leadership yang paling bagus, karena mungkin harus di-mix antara teori satu dengan teori yang lain. Karena permasalahan juga tidak bisa sama persis. Masalah yang sama dengan orang yang berbeda, sudah membutuhkan "seni" yang lain lagi.

 

Demikian, mungkin ada pengalaman lain yang lebih bagus untuk bisa di-share.

Terima kasih

 

Salam,

Dian Koernia R.

 

From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of a.kholil@gmail.com
Sent: Wednesday, June 27, 2012 7:47 AM
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Saya sering mendengar Leadership. Tetapi saya masih sulit mendapat gambaran tentang apa itu leadership.

Apa filosofi leadership ?
Apa tolok ukur performance leadership ?
Siapa yg bisa merasakan leadership seseorang ?

Setiap orang adalah pemimpin dan punya leadership.
Karena kalau yg saya tahu, pak suharto punya leadership, pak sukarno punya leadership, pak SBY punya leadership, siapa yang paling baik leadershipnya ?

Kelaupun belajar leadership, leadership seperti apa yg dikehendaki ?

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: Riswandi <ris_one_d@yahoo.com>

Sender: HRM-Club@yahoogroups.com

Date: Mon, 25 Jun 2012 13:18:32 +0700

To: <hrm-club@yahoogroups.com>

ReplyTo: HRM-Club@yahoogroups.com

Subject: RE: Bls: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

 

Leadership itu kompentensi jadi bs dipelajari walau memang tidak mudah. Jika anda ingin menunggu true leader lahir, yah silahkan menunggu. Hehe

 

Perubahan sikap itu perlu reinforcement, quiz dan reward best leader adalah salah satunya. Sekali lagi jika ingin instan yah silahkan bikin mie instan hehe

 

Disamping itu iklim leadership perlu dijaga, yah tadi program best leader sbg katalisatornya. 

 

Efektif atau tidaknya silahkan dievaluasi, bs melalui random call, kuesioner, penurunan jumlah turn over krn line manager dll.

 

Thanks.



Sent From Samsung Mobile




Rudy Harahap <rudy_a@adiprima.com> wrote:


 

Mohon di share boss power pointnya. Bukannya apatis tapi kita sendiri harus yakin minimal 99% bahwa setiap program bener-bener bisa berjalan efektif meningktkan leadership skill para pemimpin yg ada. Mohon bisa di beri pencerahan dari pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal dibawah ini.

Berangkat bhw leadership yg efektif tergantung pd kondisi dan situasi, maka perlu didefinisikan kompetensi leadership yg pas bagi suatu perusahaan. Hal ini dgn cara workshop dgn peserta leader bisnis & support. Mereka diminta untuk share bagaimana peran pemimpin yg efektif berdasarkan pengalaman mereka sbg leader. Tentu saja HR membantu sbg fasilator dan memberikan guideline.

 

Nextnya adalah intervention program. Bisa dgn banyak cara, dan mengacu pada konsep change management.

 1. Tumbuhkan awareness dgn cara membuat artikel leadership, campaign jargon leadership, kutipan leader yg inspiratif. Akankah leadership awareness tumbuh dengan program-program seperti ini? bukankah true leader muncul tanpa harus di drive dgn program seperti ini?

2. Berikan pemahaman, dgn cara training, choaching clinic, sharing leader, quiz & lainnya. Untuk sebatas pengetahuan dan inspiring saja is OK! Tapi terhadap perubahan sikap dan pola berfikir, pengalaman saya masih jauh…walaupun memang tidak mungkin muncul aware jika tidak punya pemahaman tapi tidak semua yg paham maka otomatis menjadi aware. Butuh lebih dari sekedar ini

3. Penerapan program, kompetisi best leader. perlukah? Tidak harus dengan program kompetisi jika hanya sekedar penetapkan best leader di organisasi? Dengan performance review kita sudah bisa melihatnya bukan?

4. Ownership. Memasukan unsur leadership pada setiap evaluasi performance.

 

Smoga lebih jelas. Jika ada yg tertarik bs japri nt kushare powerpointnya. Thanks.


Sent From Samsung Mobile






Salam,

Rudy

 



"Dewi Indrayani [HRM]" <dewi_indrayani81@yahoo.co.id> wrote:


 

Menarik sekali pak,

 

bisa dijabarkan lebih dalam?

 


Dari: Riswandi <ris_one_d@yahoo.com>
Kepada: dewi_indrayani81@yahoo.co.id
Dikirim: Jumat, 22 Juni 2012 6:58
Judul: Re: [HRM-Club] Re: Program Leadership

 

Ingin coba membantu saja tanpa konsep yg mengawang2.

 

Ditempat saya dinamakan leadership improvement program. 

 

Step pertama kita bwt workshop untuk mencari beberapa leadership capabilities  yang sesuai dgn budaya perusahaan kita. Pesertanya adalah leader bisnis dan support. Caranya dengan FGD. HR menjadi fasilitator dan memberikan guideline.

 

Setelah leadership capabilities didapatkan maka dibuat program intervention mwnggunakan konsep change management, yaitu menumbuhkan awareness, understanding, implementation, ownership dilanjutkan dgn monitoring. 

 

Agar lebih bersemangat diberikan hadiah pada quiz dan perlombaan menjadi the best leader.

 

Silahkan jika ada yg mau ditanyakan atau ditambahkan. 

 

 



Sent From Samsung Mobile




dewi_indrayani81 <dewi_indrayani81@yahoo.co.id> wrote:


 

Banyak program leadership
1. Executive development program
2. general management development program
3. Management development program
4. Supervisory Development program
5. Staff development program

Program tersebut disusun sesuai dgn level kompetensi diperusahaan, yg disesuaikan dgn layer / grade system yg ada.

semua level punya kompetensi leadership, tp bentuk dan levelnya berbeda-beda. Bahkan followership ada bentuk dari leadership juga, karena leader yg baik itu dimulai dgn menjadi follower yg baik.

Itu saja yg bs saya sharing dari ikut proyeknya cak sun

--- In HRM-Club@yahoogroups.com, maaz.hakim@... wrote:
>
> Malam HRM,
>
> Program pelatihan Leadership minimal ada 2 kelompok, 1. Leadership untuk manager paling bawah, spt mandor, atau kepala regu atau spv. 2. Executive Leadership untuk executive.
>
> IMHO Paling tidak ada 3 muatan yang dapat disaampaikan dalam pelatihan leadership sbb: communication, coordination dan problem solving (CMIIW).
>
> Salam,
> Hakim
> Agribiz Developer
>
> PS: Tersedia kebun Plasma Karet 150 ha harga 77 juta/ ha income 20 jutaan per tahun, 3 tahunan untung 100%
>
>
> Together We CAN | M: 085210032728-08115013250 BlackBerry® 288e67e0
>
> -----Original Message-----
> From: "Yuninta" <hrd@...>
> Sender: HRM-Club@yahoogroups.com
> Date: Wed, 13 Jun 2012 14:39:31
> To: <HRM-Club@yahoogroups.com>
> Reply-To: HRM-Club@yahoogroups.com
> Subject: [HRM-Club] Program Leadership
>
> Dear All,
>
> Minta saran para senior,kami ingin mengadakan program leadership untuk
> pimpinan-pimpinan kerja ditempat kami,cuma bingung apa yang harus pertama
> kali dilakukan?
>
>
>
> Terima kasih,
>
> Syahrudin
>
>
>
> .
> <http://groups.yahoo.com/group/HRM-Club/members;_ylc=X3oDMTJnNGVnMHFrBF9TAzk
> 3MzU5NzE0BGdycElkAzE5ODY4Nzc0BGdycHNwSWQDMTcwNTAwMDAwMwRzZWMDdnRsBHNsawN2bWJ
> ycwRzdGltZQMxMzM5NTY4NzQz?o=6> New Members 84
>
>
> <http://groups.yahoo.com/group/HRM-Club;_ylc=X3oDMTJmamUyYTU2BF9TAzk3MzU5NzE
> 0BGdycElkAzE5ODY4Nzc0BGdycHNwSWQDMTcwNTAwMDAwMwRzZWMDdnRsBHNsawN2Z2hwBHN0aW1
> lAzEzMzk1Njg3NDM-> Visit Your Group
>
> --- Pendiri Bpk SUNAWAN - HP. 0817 994 0224 ---
>
> Untuk bertanya, berdiskusi atau komentar di milis silahkan ajukan ke email:
> HRM-Club@yahoogroups.com
>
> Utk Join milis ini dan menjadi member silahkan kirim Email ke :
> HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com
>
> Utk menghindari inbox penuh kirim email ke:
> HRM-Club-digest@yahoogroups.com
>
> UNTUK PROGRAM KONSULTASI & INHOUSE:
> Untuk Konsultasi & Inhouse training silahkan hubungi HP 0817 994 0224
>
> Program-program HRM:
> 1. Training:
> Public House - Harga member
> Inhouse - Harga member
> 2. Konsultasi - Harga Member
> 3. Recruitment service / search executive - Harga Member
>
> LOW PRICE, HIGH QUALITY & EASY TO APPLICATION
> HRM CLUB - HRM SCHOOL - HRM INDONESIA
>
> HUBUNGI BPK SUNAWAN DI 0817 994 0224
>
> Lihat Web
> http://www.hrm-indonesia.com/
> SLOGAN : HRM MEMANG BEDA
>
> ----
> MILIS INI ADALAH MILIS SERIUS DLM SHARING, BUKAN SEKEDAR KONKOW, GUYONAN,
> KAMI BEDA DGN MILIS LAIN
>
> KAMI AKAN HILANGKAN DISKUSI YANG ISINYA KONKOW, GUYONAN.
> KARENA POSITIONING KAMI ADALAH MILIS SERIUS
> ----
>
> Member Milis: 15.000 orang lebih dan hampir 10.000 orang aktif mengikuti
> milis, member tersebut terdiri HR Director, HR Manager, Asst. Manager & HR
> SPv, akademisi & HR Consultant, bahkan CEO Perusahaan sehingga diskusinya
> berbobot dan bergizi.
>
> Saat ini HRM sering diminta untuk membantu membenahi sistem HR & Organsasi
> sampai bisa diaplikasikan dilapangan. Saat ini kami menangani rata-rata 3-4
> perusahaan dalam sebulan untuk praktek pendampingan
>
> Bila anda punya kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, mempunyai
> jiwa pengabdian & tidak terlalu komersial, & ingin bergabung dengan Team HRM
> Club.
> silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@...
> subject: Bergabung dengan tim HRM Club
> Sebutkan bidang keahlian anda
>
>
> Pengelola
>
> Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email lagi, silahkan
> kunjungi web:
> http://groups.yahoo.com/unbounce
>
>
> <http://groups.yahoo.com/;_ylc=X3oDMTJlNGs2Nm9zBF9TAzk3NDc2NTkwBGdycElkAzE5O
> DY4Nzc0BGdycHNwSWQDMTcwNTAwMDAwMwRzZWMDZnRyBHNsawNnZnAEc3RpbWUDMTMzOTU2ODc0M
> w--> Yahoo! Groups
>
> Switch to:
> <mailto:HRM-Club-traditional@yahoogroups.com?subject=Change%20Delivery%20For
> mat:%20Traditional> Text-Only,
> <mailto:HRM-Club-digest@yahoogroups.com?subject=Email%20Delivery:%20Digest>
> Daily Digest .
> <mailto:HRM-Club-unsubscribe@yahoogroups.com?subject=Unsubscribe>
> Unsubscribe . <http://docs.yahoo.com/info/terms/> Terms of Use
>
> .
>
>
> <http://geo.yahoo.com/serv?s=97359714/grpId=19868774/grpspId=1705000003/msgI
> d=31956/stime=1339568743/nc1=4507179/nc2=3848585/nc3=3848644>
>

 

__._,_.___
Recent Activity:
--- Pendiri Bpk SUNAWAN - HP. 0817 994 0224 ---

Untuk bertanya, berdiskusi atau komentar di milis silahkan ajukan ke email:
HRM-Club@yahoogroups.com

Utk Join milis ini dan menjadi member silahkan kirim Email ke :
HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com

Utk menghindari inbox penuh kirim email ke:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com

UNTUK PROGRAM KONSULTASI & INHOUSE:
Untuk Konsultasi & Inhouse training silahkan hubungi HP 0817 994 0224

Program-program HRM:
1. Training:
   Public House - Harga member
   Inhouse - Harga member
2. Konsultasi - Harga Member
3. Recruitment service / search executive - Harga Member

LOW PRICE, HIGH QUALITY & EASY TO APPLICATION
HRM CLUB - HRM SCHOOL - HRM INDONESIA

HUBUNGI BPK SUNAWAN DI 0817 994 0224

Lihat Web
http://www.hrm-indonesia.com/
SLOGAN : HRM MEMANG BEDA

----
MILIS INI ADALAH MILIS SERIUS DLM SHARING, BUKAN SEKEDAR KONKOW, GUYONAN, KAMI BEDA DGN MILIS LAIN

KAMI AKAN HILANGKAN DISKUSI YANG ISINYA KONKOW, GUYONAN.
KARENA POSITIONING KAMI ADALAH MILIS SERIUS
----

Member Milis: 15.000 orang lebih dan hampir 10.000 orang aktif mengikuti milis, member tersebut terdiri HR Director, HR Manager, Asst. Manager & HR SPv, akademisi & HR Consultant, bahkan CEO Perusahaan sehingga diskusinya berbobot dan bergizi.

Saat ini HRM sering diminta untuk membantu membenahi sistem HR & Organsasi sampai bisa diaplikasikan dilapangan. Saat ini kami menangani rata-rata 3-4 perusahaan dalam sebulan untuk praktek pendampingan

Bila anda punya kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, mempunyai jiwa pengabdian & tidak terlalu komersial, & ingin bergabung dengan Team HRM Club.
silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@yahoo.com
subject: Bergabung dengan tim HRM Club
Sebutkan bidang keahlian anda


Pengelola

Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email lagi, silahkan kunjungi web:
http://groups.yahoo.com/unbounce
.

__,_._,___

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment