Rekan-rekan yang baik dan berbahagia,
Saya pikir tidak hanya penampilan saja yang akan mempengaruhi perusahaan, banyak hal antara lain tipikal orangnya, cara pengambilan keputusan, dekorasi kantor dan lain sebagainya. Image atau brand ini yang sering juga disebut dengan employer branding.
Secara teoritikal maka defenisi dari employer branding itu sendiri bisa dilihat dibawah ini:
Jika kita lihat defenisinya, employer brand adalah serangkaian manfaat fungsional, ekonomis dan psikologis yang disediakan oleh suatu pekerjaan dari perusahaan tertentu (Ambler and Barrow). Disini terjadi kombinasi antara employer brand dengan employee experience, dimana jika employer brand adalah sebuah pernyataan atau janji yang dibuat perusahaan dan employee experience adalah hasil nyata yang dialami oleh si karyawan selama masa kerja dia di perusahaan, dimana kedua hal ini seharusnya mampu menghasilkan kekuatan brand yang luar biasa (brand strength) yang sangat bermanfaat buat perusahaan di dalam lingkungan bisnis. Sementara itu employer branding adalah suatu proses dalam membangun identitas unik dari employer serta konsep nilai organisasi yang membedakannya dengan pesaing.
Saya kebetulan pernah membuat tulisan tentang employer branding untuk salah satu majalah dan berikut saya lampirkan di email ini untuk bisa sekedar menambah wawasan saja, semoga berguna dan ada manfaatnya.
Salam,
Regards,
Karya Bakti Kaban
Human Resources, Corporate Communications, & General Affairs
Mobile: +62 815 943 0283 +62 811 950 3819
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
… Don’t make your life complicated if can make it easier …
From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of dennyhernadi@yahoo.com
Sent: Wednesday, March 20, 2013 7:45 AM
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: Re: [HRM-Club] Sejauh mana penampilan mempengaruhi company image?
Pak Sonny,
Tergantung brand image yang diusung perusahaan Pak. Selain itu apakah brand image tsb ketat harus dilaksanakan? Setahu saya orang-orang atau pegawai di area front liner yang harus ikut brand image. Misalnya marketing bank Syariah, yang wanita diharuskan memakai kerudung. Kalau bapak di area back office, saya pikir tidak ketat-ketat amat.
Sekarang kembali ke bapak, apakah bapak di area front liner atau back office? Jika perusahaan tetap mengharuskan penerapan penampilan sebagai brand image di semua area atau lini, saran saya jika bapak tetap akan memegang teguh penampilan bapak, akan ada dua jalan. Pendek atau panjang. Kalau pendek, ya bapak resign saja. Kalau mau jalan panjang ya bapak memperjuangkannya.
Demikian, mudah-mudahan berkenan.
Terima kasih.
Monggo dilanjut.
From: "Sonny B.Y. |ZIC-070|" <sonny.yuliarto@gmail.com>
Sender: HRM-Club@yahoogroups.com
Date: Mon, 18 Mar 2013 02:21:36 +0000
To: <HRM-Club@yahoogroups.com>
ReplyTo: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: [HRM-Club] Sejauh mana penampilan mempengaruhi company image?
Salam kenal,
Mohon sharingnya rekan2, sesuai dgn subject di atas. Di perusahaan kami sdg ada proses utk branding. Kemarin saya baru saja dipanggil oleh direksi sehubungan dgn proses branding tsb maka karyawan yg berpenampilan "lain" hrs mengikuti aturan main perush dgn mencukur jenggot dan celana hrs lbh panjang (tdk mengatung).
Tanpa mengurangi rasa hormat saya kpd rekan2, dan tdk ada tendesius ke arah SARA, mohon share rekan2 apakah hal tsb memang perlu dilakukan utk proses branding? Karena alasan perush hanyalah company image?
(Kebetulan saya jg salah satu org yg berpenampilan "lain")
Utk sharingnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam hangat,
|SONNY|ZIC070|ZaFilatte|Bekasi|
Attachment(s) from Karya Kaban
1 of 1 File(s)
| Reply via web post | Reply to sender | Reply to group | Start a New Topic | Messages in this topic (7) |
Untuk bertanya, berdiskusi atau komentar di milis silahkan ajukan ke email:
HRM-Club@yahoogroups.com
Utk Join milis ini dan menjadi member silahkan kirim Email ke :
HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com
Utk menghindari inbox penuh kirim email ke:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com
Sering keluar kota, ubah seting ke digest:
HRM-Club-digest@yahoogroups.com
UNTUK PROGRAM KONSULTASI & INHOUSE:
Untuk Konsultasi & Inhouse training silahkan hubungi HP 0817 994 0224
Program-program HRM:
1. Training:
Public House - Harga member
Inhouse - Harga member
2. Konsultasi - Harga Member
3. Recruitment service / search executive - Harga Member
LOW PRICE, HIGH QUALITY & EASY TO APPLICATION
HRM CLUB - HRM SCHOOL - HRM INDONESIA
HUBUNGI BPK SUNAWAN DI 0817 994 0224
Lihat Web
http://www.hrm-indonesia.com/
SLOGAN : HRM MEMANG BEDA
----
MILIS INI ADALAH MILIS SERIUS DLM SHARING, BUKAN SEKEDAR KONKOW, GUYONAN, KAMI BEDA DGN MILIS LAIN
KAMI AKAN HILANGKAN DISKUSI YANG ISINYA KONKOW, GUYONAN.
KARENA POSITIONING KAMI ADALAH MILIS SERIUS
----
Member Milis: 16.000 orang lebih dan hampir 10.200 orang aktif mengikuti milis, member tersebut terdiri HR Director, HR Manager, Asst. Manager & HR SPv, akademisi & HR Consultant, bahkan CEO Perusahaan sehingga diskusinya berbobot dan bergizi.
Bila anda punya kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, mempunyai jiwa pengabdian & tidak terlalu komersial, & ingin bergabung dengan Team HRM Club.
silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@yahoo.com
subject: Bergabung dengan tim HRM Club
Sebutkan bidang keahlian anda
Pengelola
Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email lagi, silahkan kunjungi web:
http://groups.yahoo.com/unbounce






0 comments:
Post a Comment