Powered by Blogger.
RSS

Bls: Bls: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?

Tambahan:

Setau saya, umumnya SOP berbentuk flow chart sedangkan IK berbentuk deskripsi urutan pekerjaan atau dengan kata lain SOP dulu baru IK.
Tks.

Salam/Baginda


Dari: Karya Kaban <karya.kaban@asyst.co.id>
Kepada: HRM-Club@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 10 April 2013 17:20
Judul: RE: Bls: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?

 
Rekan-rekan yang berbahagia,
Saya coba bantu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki yah,
 
Jika kita lihat dari defenisi maka:
SOP atau Standar Operasional Prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja atau dengan kata lain SOP adalah suatu panduan yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu proses harus dilaksanakan. SOP biasanya tidak saja bersifat internal tetapi juga eksternal.
Tujuan dari SOP adalah menciptakan komitment mengenai apa yang dikerjakan oleh satuan unit kerja di satu organisasi.
 
Working Instruction/WI atau Instruksi Kerja adalah: tata cara dalam melakukan satu jenis aktifitas, misalnya dalam melakukan wawancara detail yang dikerjakan adalah ….
Perbedaan antara SOP dan WI adalah dari kompleksitas aktifitasnya, kalau SOP menggambarkan pengendalian banyak aktifitas dari suatu proses, misalnya SOP Produksi, sedangkan WI hanya merupakan petunjuk atau tata cara dalam melakukan satu jenis aktifitas, misalnya WI untuk pengemasan Produk ABC, WI dalam proses interview yang merupakan turunan dari SOP Recruitment & Selection.
 
Supaya lebih jelas, jika SOP biasanya menggambarkan flowchart hubungan antar proses/aktifitas, misalnya untuk prosedur produksi, salah satu input dari prosesnya adalah hasil atau keluaran  dari proses distribusi barang mentah, dan keluaran/output dari proses produksi menjadi input dari SOP pengemasan/pengepakan (misalnya).
Sedangkan  instruksi kerja menceritakan deskripsi teknis dari suatu  aktifitas misalnya instruksi kerja mesin percetakan dimana instruksi itu menggambarkan urut-urutan, mulai dari menyalakan  tombol sampai mesin itu bekerja sampai dengan selesai atau cara mematikan mesin.
 
Contoh lain di bidang SDM misalnya SOP Recruitment & Selection, dimana disini masukannya/inputnya adalah kebutuhan karyawan atau sering juga disebut dengan man power plan (MPP) dan keluarannya adalah karyawan yang siap untuk bergabung, sehingga lanjutan dari SOP Recruitment & Selection biasanya adalah SOP Joining Process.
Untuk WI yang merupakan turunan dari SOP, misalnya dalam melakukan WI dalam melakukan tes tertentu misalnya yang diawali dengan pengisian data kandidat lalu dilanjutkan dengan tes dengan waktu bla…bla… dst..dst yang berisikan detail satu persatu langkah-langkah yang dilakukan dalam aktifitas tes yang dilakukan tersebut.
 
Semoga bisa menjelaskan dan tidak menjadikan bertambah bingung… monggo buat teman-teman lain menambahkan…
 
 
Get IT On…
Regards,
Karya Bakti Kaban
Human Resources, Corporate Communications, & General Affairs
PT Aero Systems Indonesia
Ratu Plaza Office Tower 27 th- 29th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 9, Jakarta 10270 Indonesia
Phone: +62 21 7255670
  Fax: +62 21 7255670
Mobile: +62 815 943 0283  +62 811 950 3819
              http://www.asyst.co.id
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Don't make your life complicated if can make it easier …
 
 
From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of elwani eprianto
Sent: Wednesday, April 10, 2013 3:51 PM
To: HRM-Club@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?
 
 
Dear All,
 
Menurut pendapat saya,
 
SOP itu standar kerja yang berhubungan dengan semua orang atau antar departemen dalam suatu perusahaan/instansi.
 
Sedangkan WI standard kerja yang sifatnya individual / how to do sehingga WI lbh cocok digunakan oleh perseorangan dalam melaksanakan sesuatu.
 
Regards,
Elwanie
 

From: teuku saifullah <teuku_s@yahoo.co.id>
To: "HRM-Club@yahoogroups.com" <HRM-Club@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, April 10, 2013 12:02 PM
Subject: Bls: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?
 
 
dear all,

                      Kebijakan Perusahaan ---> Manual ----> SOP----> SubSOP ---- Work Instruction / Instruksi Kerja -----> Form ; MSDS dll

tertinggi adalah kebijakan Perusahaan, kemudian di jabarkan terus sampai tingkat operasional

contoh : Kebijakan Mutu, Kebijakan HSE, Manual Mutu / HSE, SOP, WI/IK, Form perjalanan dinas (kalau di HRGA).

itu kira-kira urutan nya

demikian tks salam

tsh
 
 

Dari: "tizar.rahmawan@yahoo.com" <tizar.rahmawan@yahoo.com>
Kepada: HRM-Club@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 10 April 2013 8:56
Judul: Re: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?
 
 
IK tu bagian dari SOP..
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

From: "smartprofit83" <smartprofit83@yahoo.com>
Date: Tue, 09 Apr 2013 11:05:20 -0000
Subject: [HRM-Club] Bedanya SOP dan Instruksi kerja?
 
 
mohon pencerahan dari rekan-rekan semua,

apa bedanya SOP dengan instruksi kerja?,

salam
 
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Suryo Agustono Suwignyo said...

CONTOH SOP TataNaskah Dinas yaitu ada standar apakah mau membuat Surat, Nota Dinas, Memo...lalu mengetik isi surat dimaksud.......misalnya
CONTOH WI nya mulai dari seorang Operator menghidupkan Komputer lalu login kemudian membuka Ms Office....save, print bahkan sampai log off jika perlu sampai selesai proses shut down

Anonymous said...

Terima kasih atas informasinya... Sangat membantu kami di perusahaan Flashcom Indonesia. Salam perkenalan dan jangan lupa mampir ke blog kami yaa :)

http://www.Flashcomindonesia.wordpress.com/

Administrator said...

Saya baru tahu ada sub-SOP. Setahu saya tidak ada sub SOP

https://caramembuatstandaropersionalprosedur.blogspot.com/

Post a Comment